:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Tuesday, January 27, 2015

Lebih dulu mana antara Unix, Windows atau Macintosh

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya apabila kita mengetahui dahulu sedikit sejarah singkat mengenai perkembangan perkembangan dari sistem sistem operasi tersebut ....

Pertama kita akan membahas tentang unix, sekitar pada tahun 1969, Ken Thompson berkerja sama dengan Dennis Ritchie, dua peneliti yang sebelumnya bekerja pada proyek MULTICS, mencoba merealisasikan ide MULTICS menggunakan komputer PDP-7. Peter Neuman menyarankan menggunakan nama Unix untuk sistem yang baru ini. Pada tahun 1971, Unix di-port-kan untuk PDP-11. Kemudian pada tahun 1970, ilmuwan AT&T banyak menambahkan kemampuan UNIX sehingga banyak program-program kecil, yang disebut tools di UNIX, yang mana masing-masing tool digunakan untuk melakukan suatu fungsi.
Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan Bahasa C yang baru dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portabel dari komputer satu ke komputer lainnya (sumber wikipedia)

Nah seperti yang telah diketahui di atas, diketahui bahwa sistem operasi unix muncul sekitar akhir tahun 1960an...

Sekarang saya akan coba membahas tentang sejarah perkembangan sistem operasi windows, nah, windows itu pertama kali muncul ketika microsoft merilis windows 1.0,  dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.
Lebih jauh lagi, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara "tile" saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Selain itu, tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut. Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple. itulah windows sekarang yang selalu ada upgrade untuk meningkatkan versi. 

seperti yang ktia ketahui di atas, bahwa windows muncul sekitar tahun 1985an guys ....

yang terakhir kita akan membahas tentang macintosh guys ... 
macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan  januari 1984 guys, Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

so, berarti sistem operasi unix adalah sistem operasi yang pertama guys, dan yang termuda adalah windows ... sekian





0 comments:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us